Kebudayaan Khas di Negara Spanyol

Negara Spanyol adalah negara yang berbentuk Kerjaan , Spanyol adalah  sebuah negara di Eropa barat daya yang terdapat di Semenanjung Iberia. Batas darat Spanyol dengan Eropa adalah Pegunungan Pirenia dengan Prancis dan Andorra. Wilayahnya terdiri dari kota Ceuta dan Melilla di Afrika Utara, Kepulauan Canary di Samudra Atlantik, dan berbagai pulau di Laut Tengah.Dengan luas 505.992 kilometer persegi (195.365 mil persegi), Spanyol adalah negara terbesar kedua di Eropa Barat dan Uni Eropa dan negara terbesar kelima di Eropa.

Nah karena negaranya yang berbentuk kerajaan , Spanyol ini memiliki kebudayaan yang unik dan khas yang perlu kalian ketahui.

TARIAN KHAS
1.    Tari Flamenco


Salah satu tarian khas dari spanyol yang unik , mengapa unik? Karen tarian ini merupakan tarian improvisasi yang artinya ketika penari ini menari mereka lakukan  dengan cara mencoba – coba, serta dengan tanpa adanya persiapan terlebih dahulu (secara spontan) . Meskipun sifatnya improviasai, tari flamenco tetap memiliki aturan aturan yang harus ditaati secara ketat.

Satu lagi yg membuat tarian ini sangat unik karena tarian ini tanpa diiringi musik. Untuk tetap memberikan irama pada tarian flamenco yang tidak diiringi oleh alat musik maka penari dapat melakukan gerakan gerakan yang menghasilkan bunyi bunyian. Gerakan gerakan penghasil bunyi bunyian tersebut seperti melakukan jentikan tanggan dan bertepuk tangan serta menghentakkan kaki dan beberapa kali melakukan teriakan teriakan penyemangat.


2.   Tari Paso Doble
Tari Paso Doble adalah menari dengan musik dari pawai Spanyol. Di Spanyol, tarian itu sendiri tidak dipertunjukkan di lantai dansa, dan jika demikian, dilakukan di versi panggung. 

Salah satu tarian Spanyol yang lebih terkenal, the paso doble adalah tarian cepat yang didasarkan pada irama dan gerakan perkelahian manusia melawan banteng. Sebagai dansa ballroom biasanya dilakukan berpasangan, satu pria dan satu wanita.



3.   Tari Muiñeira

Muiñeira adalah tarian tradisional dan merupakan salah satu genre musik dari Galicia ( Spanyol ). Terdapat juga jenis Muiñeira yang tetap berada dalam tempo 6/8 berkarakter main – main dengan komponen sosial mengekspresikan kesopanan. Hal ini merupakan sedikit improvisasi dari tarian rakyat lainnya. Penari – penarinya membentuk sebuah lingkaran atau paralel bertiga. Contoh dari genre yang direkomendasikan oleh komentator asli Spanyol termasuk “Muiñeira de Chantada”  dan “Muiñeira de Lugo”.


FESTIVAL

1. la dansa de la mort

Pada Kamis Putih, di kota abad pertengahan Verges, Spanyol, “la dansa de la mort” atau “tarian kematian” tradisional dilakukan. Tarian kematian ini dimulai di awal abad kelimabelasan. Semua orang berpakaian dalam kostum kerangka, dan berpawai di jalan-jalan Dengan membawa salib .Dalam pawainya dan menabuh drum serta cymbal. Prosesi berakhir dengan kerangka menakutkan yang membawa kotak abu. Tarian mengerikan dimulai pada tengah malam dan berlanjut selama tiga jam hingga pagi hari.

2.  Festival Tomatina

  La Tomatina (pengucapan bahasa Spanyol: [la toma'tina]) adalah festival tahunan yang diadakan di kota Buñol, provinsi Valencia, yang berlokasi di Timur Spanyol dengan jarak 30 km (19 mi) dari pesisir Laut Tengah, dimana partisipan melempar tomat dan ikut terlibat kedalam sebuah pertarungan tomat untuk tujuan hiburan. La Tomatina berlangsung sejak 1945 pada hari Rabu terakhir dari bulan Agustus, selama pekan festival Buñol.

3.  Adu Banteng

   Adu banteng, atau Corrida de toros bagi orang Spanyol, merupakan pertunjukan juga olah raga yang menarik dan penuh kontradiksi. Secara visual, tampilan matador dalam kostum serba gemerlap dan halus, badan yang selalu langsing dan sportif. Kemampuan matador dalam menghindar dari terjangan banteng, terlebih sikapnya yang menantang si banteng menjadi kenikmatan tersendiri. Karenanya ia bertahan, bahkan tak menunjukkan tanda-tanda bakal menyingkir dari lubuk sanubari penggemarnya di Spanyol, Portugal, Prancis Selatan, dan negara-negara Amerika Latin.

4.  El encierro

    Selain adu banteng ada salah satu olah raga ekstrim lagi yang terdapat di Spanyol yang telah ada dari zaman dahulu yaitu adu lari dengan banteng atau dalam bahasa Spanyol ‘el encierro’ merupakan suatu tradisi berlari di depan banteng-banteng yang telah dilepaskan ke suatu jalan kota yang telah disekat khusus untuk acara ini. Walaupun acara ini sering diadakan di festival kota dan desa di seluruh Spanyol, namun acara el encierro yang paling terkenal adalah di festival San Fermin di Pamplona, yang disiarkan langsung di Television Espanola dan Cuatro.

PAKAIAN ADAT

Pakaian tradisional Spanyol umumnya meliputi jubah, kain berat, korset, dan pakaian yang lebih rumit lainnya.
Untuk wanita, mereka menggunakan gaun yang berat dengan warna-warna yang cerah, tetapi untuk sebagian besar festival, mereka memakai rok merah dan beludru tebal dengan pita hitam. Rok ini juga memiliki jubah kaku yang mengitari di leher. Roknya terdiri dari manik-manik hitam kecil dan beberapa jumlah glitter besar.




Untuk Pria  mengenakan kancing perak pada kemeja dan jaket atau rompi beludru dimana pakaian ini telah ada selama berabad-abad untuk merayakan berbagai acara.











KULINER KHAS

1. Tortilla Espanola

Kuliner dari Negara Spanyol berikutnya adalah tortilla espanolla. Bentuk masakan asli matador ini hampir mirip dengan pizza. Bahan baku untuk membuat hidangan khas jenis ini berupa telur dan kentang. Kentang yang telah dikupas lalu dicuci. Kemudian bahan yang mengandung karbohidrat itu di tumbuh sampai halus. Setelah hal itu dilakukan, lalu dicampur dengan telur. Masakan tortilla espanolla memiliki rasa yang lezat. Oleh sebab itulah, maka banyak wisata yang menyukai hidangan asli Spanyol tersebut.

2. Churros con Chocolate

Banyak yang tahu dan pernah mencoba jajanan khas satu ini. Terbuat dari adonan tepung yang digoreng, dibalur gula, dan bubuk kayu manis. Adapula saus cokelat sebagai pelengkap membuat churros, membuatnya menjadi salah satu snack terfavorit.

3. ételek paella spanyol

Paella termasuk dalam jajaran masakan asli Spanyol yang memiliki rasa lezat. Jenis hidangan ini memiliki kesamaan dengan makanan nasi goreng seafood dari Indonesia. Akan tetapi, antara paella dan nasi goreng seafood tetap terdapat perbedaan. Hidangan paella dibuat dengan campuran lauk lebih banyak daripada nasinya. Dalam penyajiannya, biasanya hidangan paella akan ditemani dengan udang.

4. Horchata
Minuman biasa ditemukan di samping frescas aguas di Taquerias Meksiko, Horchata adalah minuman yang tampak seperti susu, namun minuman ini bebas susu. Dibuat dengan beras, almond panggang, sedikit kayu manis, dan beberapa tetes jeruk nipis kemudian disajikan dengan tambahan es atau es krim. Minuman ini adalah minuman yang sempurna untuk menyegaran dan sangat pas dinikmati saat musim panas.








5.Sangria
Minuman ini memiliki arti 'darah' dalam bahasa Spanyol. Tentunya hal ini tak mengherankan karena sangria memiliki warna merah sampai merah tua seperti darah. Untuk mempersiapkan sangria, maka diperlukan red wine, potongan buah segar seperti nanas, beri, apel, melon,dll serta bahan tambahan lainnya, seperti brandy ataupun jus jeruk.































Komentar

Posting Komentar

Berkomentarlah yang sopan dan jangan buang waktu untuk melakukan spam. Terimakasih.

Postingan populer dari blog ini

Sejarah dan Perkembangan Sistem/Teknologi Informasi